Jumat, 28 Oktober 2011

Pengertian Manajemen Strategis

 
Manajemen Strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kenerja perusahaan dalam jangka panjang, meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategis atau perencanaan jangka panjang), implementasi strategi, dan evaluasi serta pengendalian. Manajemen strategis menekankan pada pengamatan dan evaluasi peluang dan ancaman lingkungan dengan melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan. Semula disebut kebijakan bisnis yang berorientasi pada manajemen umum dan cenderung melihat kedalam dan lebih menekakan pada integrasi yanng sesuai bagi banyak aktivitas fungsional dalam perusahaan.
Manajemen Strategis sebagai suatu bidang ilmu menggabungkan kebijakan bisnis dengan lingkungan dan tekanan strategis.
Keputusan Strategis berhubungan dengan masa yang akan datang dalam jangka panjang untuk organisasi secara keseluruhan dan mempunyai tiga karakteristik.
  1.  Rare, keputusan-keputusan strategis tang tidak biasa dan khusus, yang tidak dapat ditiru
  2. Consequential, keputusan-keputusan strategis yang memasukan sumber daya penting dan menuntut banyak komitmen.
  3. Derective, keputusan-keputusan strategis yang menetapkan keputusan yang dapat ditiru untuk keputusan-keputusan lain dan tindakan-tindakan dimasa yang akan datang untuk organissasi secara keseluruhan
Ref: David hunger,J & L. Wheelen,Thomas (2003), Manajemen Strategis. ANDI-Yogyakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar